Menu

Selasa, 25 September 2012

BELAJAR TENTANG HAID


BELAJAR TENTANG HAID



Batas Umur Wanita Haid
Wanita dapat dikatakan haid manakala wanita itu telah  berumur 9 tahun. Sembilan tahun ini maksudnya adalah secara taqriban atau sekitar waktu itu. Jadi, jika seandainya seorang wanita umurnya 10 hari lagi Sembilan tahun (berarti dia belum 9 tahun) maka darah yang keluar itu tetap dikatakan darah haid. Jadi gampangnya gini, jika ada darah yang keluar kurang dari 16 hari (siang dan malam) maka darah itu tetap dikatakan haid. Beda jika umur wanita itu baru 8 tahun, maka jika keluar darah dari kemaluannya maka darah itu bukan darah haid melainkan darah penyakit atau isthadloh.
Ada tiga contoh yang mungkin bisa diperhatikan:
1.      Ada seorang perempuan. Umurnya 5 hari lagi adalah 9 tahun, kemudian dia mengeluarkan darah waktu itu, maka jelaslah bahwa darahnya adalah darah haid.
2.      Ada seorang perempuan, umurnya 30 hari lagi 9 tahun, kemudian mengeluarkan haid 6 hari, maka darah itu tidak dikatakan haid karena wanita itu masih diluar umur batas haid, belum 9 tahun.
3.      Ada seorang perempuan. Umurnya 20 hari lagi adalah 9 tahun, kemudian pada waktu itu ia mengeluarkan darah selama 10 hari maka darah yang pertama 4 hari dikatakan darah penyakit dan darah 6 hari terahir dikatan darah haid. Ini karena 4 hari pertama telah keluar dari batas taqriban 9 tahun, yaitu 16 hari sebelumnya. Sedangkan 6 hari terahir sudah masuk dalam waktunya.
Perlu diperhatikan lagi bahwa sembilan tahun ini adalah Sembilan tahun dihitung dengan penanggalan Qomariyah/Hijriyah, bukan penanggalan Masehi/Syamsiyah. Permasalahan yang mungkin muncul adalah, kita selama ini selalu pakai hitungan dengan kalender masehi. Jadi, itu sebenarnya salah. Yang benar adalah dengan kelender Qomariyah. Terus bagaimana caranya kita bisa tahu hitungan umur kita dengan hijriyah???
Bagi yang hp-nya ada aplikasi tanggal hijriyahnya, ada cara bagaimana kita bisa mengetahui umur kita, tanggal lahir kita dengan hijriyah, ikuti langkah-langkah berikut:
1.      Biarkan dulu hp anda dengan tanggal masehi, kemudian ubah tanggalnya sesuai tanggal lahir anda, misalnya 29 April 1989.
2.      Setelah itu, buka aplikasi tanggal hijriyah anda. Dari tanggal 29 april 1989 M dalam hijriyahnya akan muncul 6 Ramadlon 1409 H.
3.      Nah, setelah ketemu tanggal lahir anda secara hijriyah itu, kemudian tahunnya diubah dengan menambah 9 , jadi 1409+9 = 1418. Tanggal yang tertera dalam aplikasi anda sekarang menunjukkan tangga 6 Ramadlon 1418. Dan inilah tanggal sebenarnya anda berumur 9 tahun secara Qomariyah.
4.      Jika anda ingin tahu tanggal berapakah 9 tahun anda secara masehi, maka ubahlah tanggal hijriyah menjadi masehi. Dari tanggal 6 Romadlon 1418 adalah bertepatan dengan 11 April 1989 M.
Jika anda belum punya aplikasi tanggal hijriyah, anda bisa mendownloadnya di internet, isalnya di www.waptrick.com atau cari saja dengan browser situs-situs tempat download aplikasi hp.
Atau jika memang anda masih kebingungan dan memang sungguh-sungguh ingin tahu tanggal lahir anda secara hijriyah, anda bisa hubungi penulis lewat email :
Atau lebih cepatnya langsung saja kirim pesan ke alamat akun facebook : Kodok Petempur. Jangan malu-malu untuk bertanya, karena itu hukumnya wajib bagi anda. Seorang wanita wajib untuk mengetahui hukum-hukum yang berkenaan dengan masalah haid.
Batas-Batas Haid
Batas paling sedikit haid adalah dua puluh empat (24) jam, baik itu 24 jam keluar putus-putus atau keluar terus, asal tidak melebihi 15 hari.
Adapun batas paling banyak seorang wanita haid adalah 15 hari siang dan malam.
Kemudian jika ternyata haidnya kurang dari 24 jam dalam satu bulan maka dapat dikatakan darah yang keluar itu bukan darah haid.
Begitu juga ketika darah yang keluar lebih dari 15 hari maka darah itu bukan darah haid lagi namanya, melainkan darah istihadoh yang keluar karena penyakit.
Selanjutnya ketika seorang wanita telah suci dari haid, maka senggang waktu suci antara dua haid adalah 15 hari siang dan malam. Jika setelah suci dari haid pertama, belum 15 hari suci kok sudah melihat darah lagi maka darah itu bukan darah haid melainkan darah penyakit. Wa Allahu a'lam.

Bersambung…nantikan edisi selanjutnya!!?. Doakan saja bias berjalan lancar. Amin.
Selingan wanita pintar!!!?!
Ternyata wanita itu punya sifat spesifik yang tidak dimiliki oleh laki-laki lho… Bukan bentuk tubuhnya, tapi cara mereka berfikir. Tahu nggak kenapa jarang wanita yang hobi menggambar?? Tahu nggak kenapa pilot selalu laki-laki? Dan tahu nggak kenapa saat di kelas yang lebih sering nakal adalah anak laki-laki?? Karena mereka mempunyai karakteristik yang berbeda.
Seorang wanita bisa masak sambil fb-nan atau ngerjain pekerjaan lain. Tapi seorang laki-laki akan marah jika saat sedang nonton TV ada yang berisik. Wa Allahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar